Friday 20 November 2015

DELAPAN KECERDASAN BERGANDA

Pada awalnya parah ahli hanya mengklasiifikasikan kecerdasan manusia kedalam tiga kecerdasan yaitu Inteletual Questions (IQ), Emosional Questions (EQ) dan Spritual Questions (SQ). Tapi sekarang ketiga kecerdasan itu kembali dipopulerkan kedalam beberapa jenis kecerdasan yang biasanya disebut delapan kecerdasan berganda. Adapun delapan kecerdasan tersebut yang disingkat SLIM N BILL yaitu sbb :

1. SPASIAL VISUAL
Berpikir dalam citra dan Gambar. Melibatkan kemampuan untuk memahami hubungan ruang dan citra mental dan secara akurat mengerti dunia visual. Ciri: Jago gambar, seni, ilustrasi, sketsa, lukis dll

2. LINGUISTIK - VERBAL
Berpikir dalam kata-kata. Mencakup, kemahiran dalam berbahasa untuk berbicara, menulis, membaca dan menafsirkan. Ciri: Jago bercerita, mendengarkan, dialog, diskusi, puisi, kultum, pidato, makalah, esai dll.

3.INTERPERSONAL
Berpikir lewat komunikasi dengan orang lain. Ini mengacu pada keterampilan manusia dalam berinteraksi dengan orang lain. Ciri: jago memimpin, berinteraksi, berbagi, menyayangi, sosialisasi, menjadi pendamai dll.

4. MUSIKAL – RITMIK
Berpikir dalam irama dan melodi. Ciri: jago menyanyi, bersenandung, memainkan alat musik, melodi dll

5. NATURALIS
Berpikir dalam acuan alam. Kecerdasan ini menyangkut pertalian manusia dengan alam dan mudah beriteraksi dengan alam. Ciri : jago berinteraksi dengan binatang, suka jalan-jalan ke hutan, meramal cuaca dll.

6. BADAN – KINESTETIK
Berpikir melalui sensasi dan gerakan fisik. Merupakan kemampuan untuk mengendalikan dan menggunakan badan fisik dengan mudah dan cekatan. Ciri : jago berlari, lompat, lempar, basket dan permainan2 lainnya.

7. INTRAPERSONAL
Berpikir secara reflektif mengenai perasaan dan proses pemikiran diri sendiri. Ciri: jago meditasi, bermimpi, merenung, menilai diri, introspeksi dll.

8. LOGIS – MATEMATIS
Berpikir dengan penalaran. Melibatkan pemecahan masalah secara logis dan ilmiah serta kemapuan matematis. Ciri: jago bereksprimen, menghitung, fakta, teka-teki, logika dll.

0 comments:

Post a Comment