Friday 20 November 2015

MENGENAL ALAT REPRODUKSI

Eh, hamil itu enak ngga ya??. Enak kali ya, buktinya banyak orang yang pengen hamil. Aku mau hamil aja, ah. Tapi gimana caranya ya ???
Begitulah kira-kira yang diucapkan oleh seorang remaja di SINETRON CINTA SMU yang ditayangkan oleh Indosiar. Sehingga gadis lugu itupun menghampiri teman prianya dan bertanya bagaimana caranya hamil. Tentu saja temannya itu terkaget-kaget. Bayangkan seandainya si pria menawarkan diri untuk membuatnya hamil? Waduh…waduh….. !!! ( Kan bisa berabe..)

Ironis memang, apabila banyak remaja puteri yang tidak tahu tentang proses2 alamiah yang akan dijalaninya, misalnya haid, kehamilan, menyusui dan sebagainya. Padahal hal2 tersebut perlu diketahui dengan baik untuk menghindari segala kemungkinan buruk seperti kehamilan diluar nikah dan penyimpangan2 seks lainnya. Untuk itu pada rubrik ini akan dijabarkan fungsi masing2 alat tsb. Simak yukk…. !!!

Sebelum kita mengetahui apa saja sih alat-alat reproduksi perempuan, ada baiknya kita tahu dulu apa itu reproduksi. Reproduksi adalah suatu proses dalam kehidupan manusia untuk menghasilkan keturunan demi kelestrian hidupnya. Untuk proses itu dibutuhkan alat-alat yang dinamakan alat reproduksi.

Alat reproduksi perempuan terdiri dari alat luar (dpt dilihat) dan alat dalam dalam (tidak dapat dilihat). Alat reproduksi bagian luar disebut vulva yang terdiri dari sepasang bibir kemaluan (bibir luar dan bibir bagian luar). Ada juga klitoris, lubang saluran kencing dan lubang saluran vagina. Alat reproduksi ini agak tersebunyi karena letaknya ada di antara paha bagian atas.
Sedangkan alat reproduksi wanita bagian dalam terdiri dari liang vagina, mulut rahim, rahim, saluran telur dan indung telur. Liang vaginya nanti dipergunakan untuk bersengama. Sedangkan mulut rahim adalah pintu menuju rahim yang nantinya akan berfungsi sebagai jalan keluar bayi ketika dilahirkan.
Saluran telur atau bisa disebut tubafallopi berfungsi sebagai jalan yang akan dilalui telur dalam perjalanannya dari indung telur menuju rahim. Sedang indung telur (ovarium) berfungsi sebagai tempat memproduksi telur. Ovarium berada dikedua sisi rahim dan ukurannya kurang lebih seperti ukuran buah anggur.

Sel telur yang diproduksi di ovarium akan bergerak melalui saluran telur menuju rahim. Sementara itu rahim secara berkala akan mengalami penebalan pada dinding2nya. Jika sel telur tidak bertemu dengan sperma maka seluruh sel telur dan jaringan yang ada dalam rahim akan rontok. Jika hal ini terjadi maka dinamakan haid. Akan tetapi jika sel telur bertemu dengan sperma melalui aktivias seksual, maka akan terjadi kehamilan. Untuk itu, sangat diperlukan pengetahuan yang menyangkut proses alamiah tersebut. Dengan adanya pengetahuan yang cukup, kemungkinan risiko yang akan timbul dapat dikurangi

0 comments:

Post a Comment